Fungsi HLookUp MS. Excel
Fungsi HLookUp Dan VLookUp
seyogyanya berguna untuk mengambil data dari tabel dengan range
tertentu. Fungsi HLookUp berguna untuk mengambil data dalam tabel
secara Horizontal dengan rumus umum sebagai berikut :
Buatlah tabel seperti contoh di atas dengan data entri 5 saja, kemudian buat percobaan pengambilan data dengan membuat bagian Baris pada F10 dan isi baris pada G10. Untuk melihat hasilnya kita buat “Hasil yang ditemukan” pada D12, dan hasilnya pada E12. E12 di isi dengan rumus sebagai berikut :
Perlu di ingat bahwa kita tidak hanya dapat mengambil data tabel dalam satu sheet saja tetapi juga bisa berbeda sheet dengan menambahkan
=HLookUp(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
atau diterjemahkan sebagai berikut:
=Hlookup(data yang dicari;tabel;baris_yang_diingikan;[range])
Dengan
pengertian bahwa kita akan mencari / mengambil data dari sebuah tabel
secara Horizontal, horizontal disini maksudnya adalah kita mengambil
data berdasarkan nilai baris dalam Microsoft Excel. Untuk lebih
jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :Buatlah tabel seperti contoh di atas dengan data entri 5 saja, kemudian buat percobaan pengambilan data dengan membuat bagian Baris pada F10 dan isi baris pada G10. Untuk melihat hasilnya kita buat “Hasil yang ditemukan” pada D12, dan hasilnya pada E12. E12 di isi dengan rumus sebagai berikut :
E12=HLOOKUP(C4;C4:D8;G10)
Maksud
dari rumus diatas adalah kita akan mengambil data dimulai dari C4,
dengan data tabel dari C4 s/d D8. G10 dalam rumus adalah baris yang
akan kita ambil datanya. Di G10 bisa kita ubah datanya untuk melihat
hasilnya, dalam contoh diatas G10 diisi dengan nilai 2 dan hasilnya
adalah Rio.Perlu di ingat bahwa kita tidak hanya dapat mengambil data tabel dalam satu sheet saja tetapi juga bisa berbeda sheet dengan menambahkan
namasheet!Data
Contoh :
Sheet2!C4
Sumber :http://9f-haseweleh.blogspot.com/2011/12/fungsi-hlookup-ms-excel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar