Rabu, 15 Agustus 2012

pengertian boot sector

Pengertian Boot Sector

Boot sector merupakan bagian dari hard disk atau floppy disk yang memiliki kode yang tersimpan di dalamnya program boot khusus, dan untuk referensi fitur kunci lain untuk menjaga disk bekerja.

Ada dua bagian utama Boot sector yaitu: master boot record (MBR) dan boot record volume. Sektor master boot ada di drive yang telah dipartisi, dan biasanya menemukan partisi aktif dan menjalankan volume boot record sendiri. Boot record volume, pada gilirannya, sering berisi kode untuk menjalankan sistem operasi pada komputer.
Hard disk drive berisi master boot record sebagai boot sector pertama, sedangkan disket atau disk USB yang biasanya hanya berisi catatan boot volume pertama mereka, karena mereka tidak bisa dipartisi. BIOS dari sebuah komputer, bagian yang berjalan sebelum yang lain, segera mencari boot sektor dari drive, apakah itu adalah master boot record atau boot record volume, sebagai petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Boot sector sebenarnya dapat mencakup petunjuk untuk melakukan hal-hal yang cukup kompleks, yang digunakan untuk hal-hal seperti memberikan pengguna pilihan untuk menjalankan salah satu dari banyak sistem operasi, tetapi juga berarti ada potensi penyalahgunaan dalam bentuk virus boot sector.
Untuk menjadi Boot sector, sektor kebutuhan memenuhi kriteria hanya satu, yang memiliki tanda 0xAA55 bagian akhir dua byte. Sebuah kegagalan untuk memiliki tanda ini dapat mengakibatkan kesalahan, dan komputer tidak dapat menyelesaikan boot. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk virus boot sector, atau karena sebuah boot sector rusak dari kesalahan fisik pada drive itu sendiri.

Sebuah virus boot sector sering menggantikan kode boot sector normal dengan kode yang dipilihnya sendiri. Karena sektor boot dimuat setiap kali komputer dijalankan, virus boot sector dapat sangat merusak, dan dalam beberapa kasus mungkin cukup sulit untuk menghapus secara total. Karena virus ini dimuat ke memori segera setelah komputer dinyalakan, hal ini juga dapat menyebar dengan mudah ke setiap drive atau disk komputer.

Cara yang paling umum bahwa virus boot sector menyebar dengan meninggalkan disk terinfeksi dalam disk drive komputer. Ketika berikutnya dijalankan, BIOS membaca catatan boot volume disk yang, menerima virus, dan meneruskannya ke dalam memori. Dari sana ia dapat menyebar ke drive lain, dan ke disk lain yang disisipkan. Sebuah virus boot sector dapat juga ditularkan melalui jaringan, dan bahkan bias dikirimkan sebagai lampiran ke email.

Menghapus virus boot sector memerlukan program anti-virus yang baik. Banyak virus boot sektor mengenkripsi boot s ector, sehingga susah untuk menghapus virus ini. Untuk alasan ini, penting untuk menggunakan program yang bagus yang memiliki registri virus boot sector banyak, dan hati-hati menghapus virus ini agar tidak menyebabkan kerusakan pada sektor boot Anda.
 Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar